PERSIAPAN PERMUKAAN KAYU

Pekerjaan persiapan permukaan kayu sebenarnya sangat penting.
Hanya saja sering dianggap enteng dan bahkan dilewati.
Kualitas hasil akhir dari finishing sangat tergantung dari bagaimana pekerjaan persiapan permukaan kayu ini dilakukan dengan cermat.

Beberapa pekerjaan persiapan permukaan kayu yang sangat penting untuk dilakukan adalah :


A. Mengisi lubang kecil yang ada di permukaan kayu dan cacat minor lainnya
Dalam praktek di lapangan, kebanyakan tukang menggunakan wood filler untuk mengisi lubang kecil ini. Sebenarnya hal ini adalah kurang tepat karena wood filler diformulasi untuk mengisi pori-pori kayu dan bukan lubang. Untuk mengisi lubang kecil ini lebih tepat menggunakan wood putty atau membuat campuran dari lem epoxy, serbak gergaji dan stain agar lebih keras dan tidak amblas.

B. Menyeimbangkan perbedaan warna permukaan kayu
Jangankan berbeda pohon, kayu yang berasal dari satu pohonpun banyak yang berbeda-beda warna permukaan kayunya. Untuk mengurangi kontras dari perbedaan warna ini bisa menggunakan bleaching, equalizer dan sap stain.

Bleaching untuk membuat warna kayu yang gelap menjadi lebih muda, equalizer (=stain berwarna hijau) untuk mengurangi warna merah yang terlalu kuat, sedangkan sap stain untuk membuat warna kayu yang muda menjadi lebih gelap.

C. Membersihkan permukaan kayu dari bahan-bahan yang bersifat isolator
Lap permukaan kayu dengan kain lap yang sudah dibasahi dengan thinner untuk membersihkan minyak, gemuk atau oli yang mungkin ada di atas permukaan kayu. Jangan lupa juga untuk membersihkan sisa lem yang ada dipermukaan sambungan (join) kayu.

D. Menghaluskan permukaan kayu dengan cara pengamplasan
Jika kita raba permukaan kayu maka masih terasa kasar karena adanya serabut dan buluh-buluh kayu. Lakukan pengamplasan pertama dengan kertas amplas no 80 searah serat kayu, kemudian lanjutkan pengamplasan dengan kertas amplas no 120 searah serat kayu

 

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel